MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN

  • Muhammad Bahagia STAI Nurul Arafah Panton Labu Aceh Utara
Keywords: Manajemen Ektrakurikuler, Kualitas Lususan

Abstract

Kegiatan ektrakurikuler adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan di luar kelas dan di luar jam pelajaran sebagai kurikulum untuk dapat menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh peserta didik, baik yang berkaitan dengan aplikasi ilmu pengetahuan yang didapatkannya maupun dalam pengertian secara khusus untuk dapat membimbing peserta didik agar dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada dalam dirinya peserta didik tersebut dapat dikembangkan melalui kegiatan- kegiatan yang wajib maupun pilihan. Kegiatan ektrakurikuler ini juga kegiatan pelajaran yang diselenggarakan di luar jam pelajaran biasa. Kegiatan ini dilaksanakan biasanya pada sore hari bagi sekolah-sekolah yang masuk pagi, dan dilaksanakan pagi hari bagi sekolah- sekolah yang masuknya sore. Kegiatan ekstrakurikuler juga sering dimaksudkan untuk dapat   mengembangkan   salah   satu   bidang   pelajaran   yang   memang   diminati   oleh sekelompok siswa, misalnya kegiatan olahraga, kegiatan kesenian, kegiatan kepramukaan dan juga berbagai kegiatan-kegiatan keterampilan lainnya

References

Ahmad Munir. (2013). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Perspektif Islam,
(Online) Jurnal At-Ta’dib 8, no. 2.
Arcaro S Joremo. (2005). Pendidikn Bebasis Mutu, Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata
Langkah Penerapan, Jakarta: Rieneka Cipta.
Ahmad Tohardi. (2019). Buku Ajar Pengantar Motodologi Penelitian Sosial Plus,
(Pontinak, Tanjungpura University Press.
Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta. Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesa, Jakarta: Balai
Pustaka.
Hasrian Rudi Setiawan. (2021). Manjemen Pesrta Didik (Upaya Penigkatan Kuliatas
Lulusan), Cet.Pertama, Medan: UMSU press.
Haris Nurdiansyah dan Robbi Saepul Rahman. (2019). Pengantar Manjemen, Cet. 1, (Yogyakarta: Diandra Kreatif Agota IKAPI.
Imam Jalaluddin Al-Mahalli dan Imam Jalaluddin As-Suyuthi. (2013). Terjemahan Tafsir
Jalalain, Cet. 18, Bandung: Sinar Baru.
Nur Arifah. (2016). Manajemen Pembelajaran Ektrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu
Madarasah, (Online) Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman Volume 4, Nomor 1. Nur Zazin. (2011). Gerakan Menata Mutu Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Romlah. (2016), Manajemen Pendidikan Islam, Bandar Lampung: Harakindo Publishing. R. Gilang K. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Civid-19, Jawa Tengah:
Lutfi Gilang.
Romlah, Manajemen Pendidikan Islam. (2016). Bandar Lampung: Harakindo Publishing. Syafaruddin. (2017). Manajemen Organisasi Pendidikan, Persfektif Sains dalam Islam,
Medan: Perdana Publishing, Cet Ketiga.
Siti Nurhadiyatul Hasanah. (2021). Dasar-dasar Manajemen Pendidikan, Cet. 1, Lamongan: Academia Publication.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosudur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugeng Kurniawan. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Quran dan Al-Hadist, Jurnal Nur El Islam, Volume 2 Nomor 2.
T. Hani Handoko. (2014). Manajemen : Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta.
Widiyarti dan Suranto. (2019). Konsep Mutu dalam Manajemen Pendidikan Vokasi, Jawa
Tengah: ALPRIN.
Published
2024-01-14
How to Cite
Bahagia, M. (2024). MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 1-9. Retrieved from http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen/article/view/302
Section
Articles