INSTRUMEN TES SEBAGAI ALAT EVALUASI

(Analisis Soal, Indek Kesukaran, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor)

  • Eka Mayasari Universitas Serambi Mekkah
Keywords: Instrumen Tes, Alat Evaluasi, Analisis Soal

Abstract

Pada dasarnya, hasil belajar siswa memerlukan sebuah evaluasi sebagai bentuk alat atau metode yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa. Tes hasil belajar yang terdiri dari butir-butir soal dan perlu identifikasi. Dengan harapan akan menghasilakan berbagai informasi berharga, yang menjadi umpan balik guna melakukan perbaikan, pembenahan dan penyempurnaan kembali. Maka dari itu perlu adanya analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. Dalam menganalisis soal yang diperlukan adalah kelompok atas dan kelompok bawah, sedangkan kelompok tengah dibiarkan. Penganalisisan terhadap butir-butir item tes hasil belajar dapat dilakukan dari tiga segi, yaitu: (1) dari segi derajat kesukaran itemnya, (2) dari segi daya pembeda itemnya, (3) dari segi fungsi distraktornya. Angka indeks kesukaran besarnya antara 0,00-1,00 artinya, angka indeks kesukaran itu paling rendah adalah 0,00 dan tinggi adalah 1,00 atau satu. Sebagaimana indeks kesukaran, indeks diskriminasi ini berkisar antara 0,00 sampai dengan 1,00. Dalam indeks diskriminasi tanda negatif digunakan jika suatu soal terbalik menunjukkan kualitas testee, yaitu anak pandai disebut bodoh dan anak bodoh disebut pandai. Distraktor dinyatakan telah dapat menjalankan fungsinya dengan baik apabila distraktor tersebut sekurang-kurangnya sudah dipilih oleh 5% dari seluruh peserta tes.

References

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Badrun Kartowarigan, Validasi Dimensionalitas Perangkat Tes Ujian Akhir Nasional SMP Mata Pelajaran Matematika 2003-2006. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 2, Tahun XII, 2008.

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Djemari Mardapi, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes, Jogjakarta: Mitra Cendikia Press, 2008.

Eko Putro Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Fatimah Depi Susanty Harahap, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, Pekanbaru: Educationmattermost Publishing, 2012.

Ina Magdalena, dkk, Analisis Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran Sbdp Siswa Kelas Ii Sdn Duri Kosambi 06 Pagi, Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Volume 3, Nomor 2, Juli 2021.

Lexy J. Moeleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

M. Chabib Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

S. Nasution, Metode Reserach (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Suke Silverius, Evaliasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, Jakarta: Grasindo, 1991.

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Published
2023-01-30
How to Cite
Mayasari, E. (2023). INSTRUMEN TES SEBAGAI ALAT EVALUASI. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 56-66. Retrieved from http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen/article/view/258
Section
Articles