KONSEP CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM UPAYA MENCIPTAKAN IKLIM BELAJAR MENGAJAR MENYENANGKAN DAN BERMAKNA

  • Eka Mayasari Universitas Serambi Mekkah
Keywords: Iklim Belajar, Menyenangkan dan Bermakna, Kontekstual

Abstract

Banyak cara yang dapat dilakukan guru agar tidak berdampak pada siswanya, dan menjadikan kebiasaan guru yang dapat menyenangkan siswa. Hal itu tidak akan membuat siswa jenuh, bosan, perasaan malas, semuanya tidak akan terjadi jika guru memiliki suatu cara yang bisa membuat siswanya nyaman dan menyenangkan dalam menyenangkan. Contextual Teaching and Learning (CTL) atau pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang mengaitkan materi yang diajarkan dengan realitas dunia siswa sehingga siswa dapat membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya. Pembelajaran bahasa bukan hanya memberikan pemahaman berupa definisi melainkan siswa dituntut untuk dapat menemukan pengetahuannya sendiri. Guru harus memiliki strategi yang memacu siswa untuk dapat berpikir kritis dan kreatif. Pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual merupakan upaya yang ditempuh guru untuk memberikan motivasi pada siswa agar siswa lebih aktif, kreatif, dan dapat memberdayakan kemampuan dirinya dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

References

Elaine B. Johnson. (2007). Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Terj. Ibnu Setiawan, Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

E.B. Jhonson. (2007). Contextual Teaching And Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Bandung: Mizan Learning Center.

E. Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

E.R. Cecep. (2002). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buku 5 (Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual), Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Imam Chourmain. (2011). Pendekatan-Pendekatan Alternatif Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (1989). Media Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Soeleman Joesoef. (1992). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarko, Pembelajaran Kontekstual, Semarang: Unnes, 2003.

T.P. UPI – Suryadi. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Yatim Riyanto. (2010). Paradigma baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Published
2022-08-24
How to Cite
Mayasari, E. (2022). KONSEP CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM UPAYA MENCIPTAKAN IKLIM BELAJAR MENGAJAR MENYENANGKAN DAN BERMAKNA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 58-66. Retrieved from http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen/article/view/162
Section
Articles