MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING PADA MATERI BASMALAH DAN Q.S AL FATIHAH DI SDN GRONG-GRONG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Khairul Bariah SDN Grong-grong Kabupaten Pidie
Keywords: Kemampuan Menulis, Strategi Menulis Terbimbing

Abstract

Permasalahan Guru kelas II tidak mampu menggunakan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran menulis. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran menulis, termasuk menulis bisa diatasi dengan penggunaan strategi yang tepat. Salah satu di antara strategi yang dapat digunakan untuk membantu siswa mengatasi kendala-kendala dalam menulis adalah Strategi Menulis Terbimbing. Strategi yang diterapkan mampu membimbing dan mengarahkan siswa untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapinya dalam menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Hasil penelitian adalah Metode menulis terbimbing dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas II, ketuntasan individual rata-rata siswa pada siklus I  73, atau 22 siswa yang tuntas dari 37 siswa (tuntas 59%) sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi nilai rata-rata 79 atau 29 siswa yang tuntas dari 37 siswa (tuntas 78%). Kendala yang dihadapi siswa dalam penerapan metode menulis terbimbing karangan argumentasi adalah membangun keberanian siswa dalam menyampaikan argumentasinya dan merangkainya menjadi sebuah karangan argumentatif.

References

Abu Ahmadi, “Ilmu Jiwa Pekembangan dan Encyclopedia Brittanica”, Jakarta : Rineka Cipta, 1991
Ahmad Sabri, Quantum Teaching, Jakarta : P T Ciputat Press, 2005
Aisyah Dahlan, Media dalam pembelajaran, Jakarta: Yammu, 1979
Blake dan Spenato’s, Media Pembelajaran, Jakarta: Medika Press, 2001
Blake dan Spenato’s, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito, 2002
Daryanto, S.S, Kamus Lengkap PAI, Surabaya : Apollo, 1987
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep, Karakteristk, dan Implementasi, Bandung: Rosdakara, 2005
Kunanadar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2009
Mustakim, N., & Rina, A. (2022). استخدام وسيلة لوحة الجيوب لترقية التحصيل الدراسي في مهارة القراءة لدى الطلاب الصف الثاني أ بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الأهلية كوملا أتشيه. Imtiyaz: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Arab, 6(1), 1-19.‎
Rofi’uddin, “Manfaat Media Dalam Pembelajaran”, Jakarta : Gunung Agung, 1979.
Rusdin Pohan, Metodologi Penelitian, Sigli: PTI AL-Hilal Sigli, 2007
Sardiman. AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru, Jakarta: Rajawali Press, 2001
Sumadi Suryasubrata, Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2001
Published
2022-09-02
How to Cite
Bariah, K. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING PADA MATERI BASMALAH DAN Q.S AL FATIHAH DI SDN GRONG-GRONG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 40-48. Retrieved from http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen/article/view/158
Section
Articles