PENGEMBANGAN METODE COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK

(Materi Membiasakan Akhlak Terpuji)

  • Muhammad Syarif FAI Universitas Serambi Mekkah
Keywords: Metode Cooperatif Tipe Numbered Head Together, Aqidah Akhlak

Abstract

Numbered Head Together merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggungjawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemiahan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara satu dengan yang lainnya. Enam langkah dalam pelaksanaan pembelajaran Numbered Head Together (NHT), yaitu: (1) persiapan, (2) pembentukan kelompok, (3) tiap kelompok harus memiliki buku paket, (4) diskusi masalah, (5) memanggil nomor anggota, dan (6) memberi kesimpulan. Ciri metode kooperatif tipe numbered head together yaitu: kelompok heterogen; setiap anggota kelompok memiliki nomor kepala yang berbeda-beda; dan berpikir bersama (head together). Kelebihan model pembelajaran Numbered Head Together antara lain: (1) siswa dilibatkan pada kegiatan belajar sehingga pengetahuannya benar-benar diserap dengan baik; (2) siswa dilatih untuk dapat bekerja sama dengan siswa lain; san (3) siswa dapat memperoleh pemecahan dari berbagai sumber. Sedangkan kelemahan model pembelajaran Numbered Head Together antara lain: (1) untuk siswa yang malas, tujuan dari model pembelajaran tersebut tidak tercapai; dan (2) kurang efektif jika digunakan untuk jumlah siswa yang banyak. Pembelajaran Aqidah Akhlak yang monoton dan masih menggunakan model belajar konvensional, maka hasil belajar siswa akan rendah. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam melaksanakan pembelajaran Aqidah Akhlak pada materi membiasakan Akhlak Terpuji. Penerapan model NHT melalui 4 fase, yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berfikir bersama, dan menjawab. Model pembelajaran NHT merupakan pembelajaran berbasis kelompok melalui bimbingan guru sebagai fasilitator, sehingga dicapai hasil belajar yang sesuai tujuan. Dalam pembelajaran diharapkan dalam proses pembelajaran di kelas tidak lagi monoton serta hasil belajar Aqidah Akhlak siswa juga akan meningkat.

References

Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Departemen Agama RI. (2004). Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (Standar Kompetensi), Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ibrahim, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: University Press.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahrus. (2009). Aqidah, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Miftahul Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paragdimatis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad Fathurrahman dan Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran; Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional, Yogyakarta: Teras.

Mustakim, N. (2021). في تعليم المفردات Number Head Together استخدام مدخل التعلم التعاوني بأسلوب: Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together dalam Pembelajaran Mufradat. JURNAL AL-IHDA: Media Ilmiah Bahasa Arab, 9(2), 32-42.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruksivisme; Konsep Landasan Teoritis, Praktis dan Implementasinya, Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Zahruddin AR. (2004). Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published
2022-08-24
How to Cite
Syarif, M. (2022). PENGEMBANGAN METODE COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 29-39. Retrieved from http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen/article/view/157
Section
Articles